PPM ITTJ Ikut Serta dalam Bimtek LLDikti Wilayah III Luring Pertama

Suasana menjelang Bimtek

Bogor, 25 Nopember 2021. Pelatihan Bimbingan Teknis Pengisian Pelaporan Aktivitas MBKM di PDDikti dan Pengisian Laporan Kerjasama melalui Aplikasi LaporanKerma dilaksanakan oleh LLDIKTI wilayah III. Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan universitas-universitas dan perguruan tinggi swasta di Wilayah III. Lebih dari 30 Perguruan Tinggi Swasta menghadiri pelatihan ini, termasuk Institut Teknologi Telkom Jakarta turut serta mengutus 1 Pengelola PDDikti dan 1 Pengelola Laporan Kerma untuk mengikuti pelatihan.

Pelatihan cukup padat dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sesi pertama diawali oleh Pak Firman Hidayat Subkoordinator Kerjasama Setditjendikti, beliau memaparkan sosialisasi untuk sistem laporan kerjasama beserta gambaran pengisiannya. Tak hanya sosialisasi, sesi kedua pun dilanjutkan dengan sharing pengalaman best-practice oleh Bu Diah Ayu Permatasari, atau yang akrab disapa mbak Peppy dari Universitas Bhayangkara. Para utusan perguruan tinggi mengikuti sesi kedua ini dengan antusias, beragam permasalahan yang biasa dihadapi perguruan tinggi dalam pengelolaan kerjasama diulas oleh mbak Peppy dengan pembawaan yang santai dan bahasa yang mudah dimengerti oleh para pengelola kerma PTS yang hadir. Sesi kedua pun memberikan banyak pengetahuan baru dan gambaran yang cukup beragam, saat sesi diskusi, pelatihan diwarnai oleh pertanyaan dan masalah-masalah yang juga dihadapi oleh kampus-kampus lain.

Suasana saat Bimtek berlangsung.

Selepas rehat ishoma, pelatihan dilanjutkan oleh Bu Yessy Fitriani dari Institut Perusahaan Listrik Negara. Beliau berbagi success story kepada para peserta pelatihan, bagaimana beliau mengevaluasi kegagalan akreditasi pada kali pertama dan mendapatkan akreditasi yang jauh lebih baik pada akreditasi berikutnya. Sesi terakhir di hari kamis dilengkapi dengan pemaparan dari Pak Imam Sujarwo dari Universitas Krisnadwipayana, beliau memaparkan dengan gamblang best-practice yang beliau terapkan dalam pengisian feeder PDDikti, mulai dari urgensi dan sumber-sumber data pelaporan hingga solusi-solusi dari masalah-masalah yang mungkin muncul dalam pengisian feeder. Beriring dengan sejuknya udara Cisarua, tidak ada harapan lain para pengelola yang hadir kecuali untuk memberikan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di negara ini, dengan semangat kolaborasi, tekad untuk pendidikan maju dan berkualitas pun perlahan nampak di ufuk cakrawala.

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

No Comments on PPM ITTJ Ikut Serta dalam Bimtek LLDikti Wilayah III Luring Pertama

Leave A Comment